Minggu, 16 Februari 2014

Perilaku Ilmu Konsumen

Inge Karmali Mahasiswa Departemen Manajemen Hutan Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor
Kuliah Perilaku Konsumen  Feb – Juni 2014
Dosen:
Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc
Dr Ir Lilik Noor Yuliati, MFSA
Ir. MD Djamaluddin, MSc
Ir. Retnaningsih, MS
Text Book:

Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1. Jakarta: PT Ghalia Indonesia

Saya Inge Karmali mahasiswa Departemen Manajemen Hutan Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor
Pada hari Kamis, 13 Februari 2014 saya mengikuti kuliah Perilaku Konsumen sebagai SC. Kuliah ini disampaikan oleh Dosen yang sangat ahli di bidang konsumen, yaitu Prof Dr Ir Ujang Sumarwan MSc. Beliau juga menulis buku dengan judul Perilaku Konsumen yang dijadikan buku pegangan untuk mahasiswanya.
Hal yang menarik dari kuliah ini adalah bahwa konsumen senang mencari harga yang terbaik meskipun untuk mendapatkannya dibutuhkan biaya yang lebih besar dari selisih harga yang seharusnya. Kita sebagai konsumen sering kurang memperhatikan sisa konsumsi seperti hanya disimpan atau bahkan dibuang. Untuk saat ini pasar internasional sangat potensial karena adanya kesamaan perilaku dan selera. Konsumen sangat memperhatikan trend dalam kehidupan sehari-harinya, faktor umur sangat mempengaruhi perilaku konsumen. Seringkali, konsumen dihadapkan pada pilihan dimana kondisi emosional sangat mempengaruhi pengambilan keputusan. Proses pengambilan keputusan ini sangat mempengaruhi output yang dihasilkan, yakni dengan mempelajari perilaku konsumen kita mendapatkan manfaat strategi pemasaran yang sesuai bagi perusahaan terkait, kemudian sebagai landasan dasar manajemen pemasaran, serta memegang peranan penting dalam pengembangan kebijakan publik. Berdasarkan jenisnya, konsumen dibagi menjadi konsumen individu dan konsumen kelompok atau organisasi, konsumen individu cenederung memenuhi kebutuhannya untuk diri pribadi ataupun keluarganya, sementara konsumen kelompok atau organisasi seperti pada perguruan tinggi, yayasan, pemerintah dan lain sebagainya. Ada beberapa tahapan model pengambilan keputusan konsumen, yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian, dan kepuasan konsumen. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pada konsumen yaitu faktor strategi pemasaran, perbedaan individu, dan faktor lingkungan. Dengan mengetahui bagaimana pengambilan keputusan yang baik, berdampak pada perumusan strategi pemasaran yang lebih baik, perumusan kebijakan publik untuk melindungi konsumen, dan perancangan pendidikan konsumen yang lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar